Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Toilet dalam Kereta Api Indonesia ?

Toilet Kereta Api Indonesia saat ini 

Sepuluh tahun terakhir ini, pelayanan Kereta Api Indonesia sudah signifikan lebih keren. Pelayanan jauh lebih nyaman, bersih, manajemen pemberangkatan kereta juga benar - benar tepat waktu. Kereta Api menjadi transportasi favorite saya. 

Salah satu perubahan signifikan adalah pada kondisi toiletnya, khususnya pada penampungan limbah toilet kereta api. Saat saya masih kecil, sekitar tahun ‘90an pada saat itu. Ketika perjalanan mudik dari Kediri menuju Bandung dan perjalanan arus balik Bandung menuju Kediri, kami menggunakan alat transportasi Kereta Api. Masih kuat melekat dalam ingatan, saat itu almarhum Bapak saya sampaikan “kalau mau pipis, nanti saja nunggu kalau kereta nya sudah berjalan.” Kemudian saya penasaran dan bertanya “Mengapa harus saat berjalan? Mengapa tidak saat Kereta Api berhenti di stasiun saja, bukankah lebih nyaman, tidak bergoyang - goyang.” Bapak saya kemudian menjawab “Nanti, kalau pipis di stasiun engga baik, engga enak sama yang lagi di luar Kereta, itu kan air pipis nya nanti tembus langsung ke jalan kereta”
Sontak saat itu saya agak bingung juga dan agak berpikir “kenapa engga dibuat penampungan saja”. Agak sok - sok-an banget sih saya kepikiran seperti itu. Tanpa ada kontribusi mewujudkan bagaimana supaya terjadi. Payah sekali saya. Ya, minimal bercita-cita kelak jika saya dewasa saya akan merubah model penampungan Toilet pada Kereta dan semacam rancangan cita lainnya….. (namun faktanya cita - citapun tidak) Hahaha!

Dan ternyata 10 tahun kemudian setelah saya hanya melamunkan berbagai jika begini begitu, Bapak Ignasius Jonan dengan begitu luar biasanya merealisasikan banyak perubahan Karya beliau di PT. Kereta Api Indonesia. Keren banget beneran. Saya salut, terharu, ah~ luar biasa sekali beliau.

Beginilah foto - foto Toilet Kereta Api Indonesi saat ini :


Cermin & Sinker Toilet Wanita - Gerbong Kereta Api

Pintu Toilet dari dalam 

Water Closet Toilet Perempuan - Gerbong Kereta Api

Tampak Depan Toilet Perempuan 
Gerbong Kereta Api 








Posting Komentar untuk "Bagaimana Toilet dalam Kereta Api Indonesia ?"