TR

TR

Senin, 09 April 2018

Pekerjaan

Pada sudut FoodPoint sore ini, di salah satu Mall-Jakarta.
Puluhan foodcourt saya dapati, bahkan sepertinya lebih dari seratus foodcourt. Ratusan pengunjung terlihat, berbagai aktivitas mereka. Dan sedikit agak KEPO (Knowing Every Partical Object - kalau kata anak kekinian), ada diantaranya yang samar-samar saya dengar sedang mendiskusikan "Deposito uang di Bank, seorang Ibu sekitar usia 60 tahun ya - berketurunan China (maaf sedikit bawa suku :D ) yang membuat janji dengan beberapa orang Bank. Yang menyampaikan keinginannya menyimpan dananya tsb", ada juga mahasiswa yang sedang sambil mengerjakan tugasnya, ada juga satu keluarga yang menyegaja makan bersama saja kemudian melalu selepas selesai nya makan, ada anak-anak sekolah juga yang hanya sekedar berlalu melihat-lihat foodcourt yang ada, saya amati ngga ada aktivitas "jadi" beli *asli ini kepo banget saya ya. Ada juga karyawan yang sambil bekerja- sekedar numpang duduk, dan hanya beli teh botol (nah kalau ini , saya ^_^ )

Dan saat ini bukan membahas jumlah foodcourt nya, bukan membahas berapa jumlah pengunjung dan bukan juga membahas karyawan yang numpang duduk

Saya ingin menuliskan diantara para penjaga foodcourt dan pengunjung dengan aktivitas nya masing-masing, ada diantaranya mas-mas dan mba-mba yang berprofesi sebagai cleaning service. Ya, mereka menggunakan seragam dan ada celemek nya, kemudian ada yang berbekal lap ditangan ada juga berbekal sapu, dan juga untuk lap lantai berikut air pembersih nya.
Luar biasanya mereka bekerja tetap dengan semangat dan tetap tersenyum, tetap tenang dalam bekerja. Tidak ada rasa malu apakah mungkin "jika" ada keluarga atau kerabat atau tetangga yang bisa jadi melihat nya bekerja sebagai cleaning service, saya melihat tidak ada rasa beban dalam ekspresi wajah dan sikap mereka saat bekerja.

Pelajaran sekali bagi saya, mereka bisa saja berpendidikan SMA, D3 atau bahkan S1. Dan belum tentu juga mereka asli dari Jakarta. Mungkin dari perantauan. Perjuangan mendapat kan UMR Jkt - arround 3.5 juta per bulan untuk kehidupannya meninggalkan kampung halaman dan orang tua yang sudah membesarkan dan menyekolahkan. Demi untuk hidup  yang mandiri. Dan jika yang sudah memiliki istri dan anak, ya untuk dapat menghidupi keluarga.

Semua pekerjaan (halal) bagi saya mulia. Semoga mas-mas dan mba-mba cleaning service yang telah membersihkan area-area foodpoint ini, diberikan kebersihan hati juga dan mereka mendapatkan rejeki yang barokah selalu, ditambahkan lagi dan lagi rejeki nya, karena rasa syukur mereka yang teramat besar kala menjalani pekerjaan yang sedang dijalankan,


Tidak ada komentar: