TR

TR

Jumat, 23 Desember 2016

Mengelola emosi

Salah satu hal yang sangat mempengarui dalam hal menempuhi perjalanan kehidupan ini, menurut saya adalah pengelolaan emosi.

Terkadang, idealnya kita berpikir (khususnya saya sebagai orang tua, yang memiliki anak usia sekolah) bahwa anak saya akan lancar - aman menjalani perjalanan hidup atau masa depannya yaitu ketika prestasi akademis nya mendapatkan score yang tinggi, atau mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari teman-teman sekitar nya.
Kemudian berpikir untuk akan menyekolahkan dimana, kemudian berprestasi lagi, kemudian menerima beasiswa, kemudian dapat dijamin masuk keperusahaan yang diharapkan dengan penghasilan yang sudah jelas.

Seperti itu idealnya, namun kadang saya berpikir kembali. Apakah iya, rencana-rencana seperti itu akan menjadikan semua nya ideal untuk masa depan?
Kemudian saya melihat kepada apa yang sudah saya jalani sampai dengan saat ini, walau memang saya sangat jauh dari baik, sangat jauh dari sukses, sangat jauh dari benar. Masih banyak sekali yang perlu diperbaiki dan di "Taubat" in. Hakikatnya yang diperlukan salah satu nya yang penting juga adalah "pengelolaan emosi" yang baik dna tepat.
Ya, dengan pengelolaan emosi itu menjadikan diri lebih teratur. Dan dengan keteraturan, maka dapat lebih jelas dalam melangkah selanjutnya seperti apa. Bagaimana mungkin bisa melangkah ke masa depan dengan baik, jika tidak teratur, amburadul, akibat pengelolaan emosi yang kurang baik dan tepat.

Mengelola emosi, dengan tidak lekas marah terhadap hal yang menjadikan kita kesal. Mengelola emosi, dengan tetap tenang saat disekililing sangat-sangat menjadikan diri panik. Mengelola emosi, tetap berprasangka baik, walau disekitar kita telah tidak baik bersikap kepada kita.

Dan terpenting, dalam mengelola emosi
                    ---Tetap ingat DIA, dalam kondisi apapun.



Tidak ada komentar: